July 2, 2020
loading

Daftar Nutrisi Anak yang Harus Dipenuhi Selama Pandemi COVID-19

Posted by    Marketing Kesehatan

Kendati bukan termasuk golongan yang rentan tertular virus Corona, risiko anak-anak untuk terinfeksi virus ini tetaplah ada. Oleh karena itu, penting bagi Bunda untuk selalu memperhatikan asupan nutrisi anak selama pandemi COVID-19 agar daya tahan tubuhnya tetap kuat.

Salah satu pencegahan dasar untuk menangkal virus Corona adalah meningkatkan daya tahan tubuh, terutama dengan mengonsumsi makanan sehat setiap hari. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan sistem imun agar tidak mudah terserang bakteri, jamur, parasit, dan virus, tak terkecuali virus Corona.

Ini Nutrisi untuk Anak yang Harus Dipenuhi Selama Pandemi COVID-19

Anjuran untuk selalu mengonsumsi makanan bergizi tidak hanya berlaku pada orang dewasa saja ya, Bun. Anak-anak pun sangat dianjurkan untuk rutin mengonsumsi makanan sehat agar tidak mudah jatuh sakit. Selain itu, makan sehat juga akan menunjang proses tumbuh kembangnya, lho. lakukan konsultasi lebih lanjut tentang perkembangan anak ke rumah sakit bila perlu.

Lantas, nutrisi apa saja yang dibutuhkan untuk menghindarkan anak-anak dari infeksi virus Corona selama pandemi COVID-19? Berikut ini adalah daftar nutrisi yang dianjurkan selalu ada pada menu makanan anak:

1. Protein

Protein adalah makronutrien yang sangat dibutuhkan oleh tubuh anak dan tidak boleh dilewatkan, terlepas adanya pandemi atau tidak. Nutrisi ini berperan untuk membentuk otot dan berbagai jaringan tubuh, membangun dan memperbaiki jaringan yang rusak, menjaga sistem kekebalan tubuh, serta sebagai sumber energi.

Untuk memperoleh manfaat-manfaat tersebut, Bunda bisa memberikan makanan yang merupakan sumber protein, seperti daging, telur, kacang-kacangan, ikan, serta susu dan produk olahannya, baik dalam menu makan utama maupun camilan Si Kecil selama di rumah.

2. Asam lemak omega-3

Asupan asam lemak omega-3 juga tidak kalah penting bagi anak. Omega-3 adalah asam lemak esensial yang sangat kita butuhkan tetapi tidak bisa diproduksi oleh tubuh, sehingga harus didapat dari makanan.

Omega-3 memiliki manfaat untuk meningkatkan kecerdasan dan fokus, memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta membuat tidur lebih nyenyak. Omega-3 juga diduga memiliki efek baik terhadap mood dan kesehatan mental anak. Hal ini penting karena perubahan yang terjadi selama pandemi COVID-19 bisa saja memicu kecemasan pada anak.

Beberapa sumber omega-3 yang bisa Bunda pilih antara lain adalah ikan-ikanan, seperti ikan teri, salmon, dan sarden; kacang-kacangan, seperti kacang almond dan walnut; serta biji-bijian, seperti flaxseed dan chia seed.

3. Vitamin D

Vitamin D diketahui dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan sistem pernapasan. Hal ini penting, terutama di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang.

Selain itu, karena dapat meningkatkan penyerapan kalsium di usus, vitamin D juga ikut berperan untuk membangun dan menjaga kesehatan tulang dan otot.

Tubuh secara alami menghasilkan vitamin D ketika anak berada di bawah sinar matahari. Namun, di tengah pandemi seperti saat ini, anak-anak bisa saja kurang terpapar sinar matahari lantaran harus tetap berada di rumah guna memutus rantai penularan virus Corona.

Oleh karena itu, agar tidak kekurangan vitamin D, berikanlah Si Kecil beragam makanan yang diperkaya vitamin ini, misalnya bayam, kubis, kacang kedelai, ikan sarden, ikan salmon, serta oatmeal dan sereal.

4. Kalsium

Walaupun harus di rumah saja, anak tentunya harus tetap aktif bergerak selama pandemi COVID-19. Agar bisa tetap aktif, Si Kecil tentunya membutuhkan nutrisi yang bisa menguatkan tulang serta mendukung fungsi saraf dan ototnya. Nah, fungsi ini bisa didapat dari kalsium.

Kurangnya paparan sinar matahari dan produksi vitamin D selama pandemi COVID-19 bisa berdampak secara langsung terhadap kadar kalsium dalam tubuh anak. Oleh karena itu, selain memberikan Si Kecil makanan sumber vitamin D, Bunda juga perlu memastikan makanannya mengandung kalsium yang cukup.

Makanan-makanan yang tinggi kalsium antara lain susu, yogurt, keju, edamame, sayuran berdaun hijau, jeruk, kacang-kacangan, dan tahu. Makanan-makanan ini bisa Bunda olah menjadi makanan utama maupun camilan.

Selain makanan dengan nutrisi di atas, Bunda juga bisa memperbanyak pilihan makanan yang kaya akan antioksidan. Antioksidan merupakan kandungan yang sangat baik untuk daya tubuh anak karena dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan meredakan peradangan.

Beberapa jenis antioksidan, seperti vitamin A, C, E, dan flavonoid, bisa dengan mudah Bunda dapatkan di berbagai jenis sayur dan buah yang berwarna-warni.

Tips untuk Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Anak

Nutrisi-nutrisi di atas sangat dibutuhkan oleh tubuh anak agar tetap sehat, apalagi selama pandemi ini. Namun, memberikan sumber nutrisi tersebut kepada anak tidaklah selalu mudah, terlebih bila Si Kecil suka pilih-pilih makanan (picky eater).

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Bunda lakukan untuk mencukupi nutrisi yang dibutuhkan anak, yaitu:

  • Jadilah contoh yang baik bagi anak dalam mengonsumsi makanan sehat.
  • Kreasikan menu makanan setiap hari agar anak tidak bosan dan tertarik untuk makan.
  • Sajikan makanan pada waktu yang tepat, yaitu ketika ia sudah lapar.
  • Ajak anak memasak bersama di dapur agar ia bisa belajar menghargai makanan yang disajikan untuknya.

Mencukupi asupan nutrisi anak dapat menurunkan risiko anak untuk tertular berbagai macam penyakit, tak terkecuali COVID-19. Walau tips-tips di atas terkesan mudah untuk dilakukan, nyatanya drama ketika memberikan makan kepada anak tetaplah ada. Bila mengalaminya, bersabarlah dan jangan putus asa ya, Buhttp://www.rsannisa.co.id.

Selain memberinya makanan yang sehat setiap hari, ajari pula Si Kecil tentang tindakan pencegahan agar tidak terpapar virus Corona, seperti rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, tetap berada di rumah saja untuk bermain dan belajar, serta menjaga jarak dengan anggota keluarga atau orang yang sedang sakit.

 

Sumber: AloDokter

 

Related Articles