January 13, 2023
loading

MENGENAL APA ITU UROFLOWMETRI

Posted by    Marketing Kesehatan

Uroflowmetri merupakan suatu pemeriksaan yang ditujukan untuk mengukur aliran dan kekuatan aliran urine saat seseorang buang air kecil. Pemeriksaan ini bertujuan untuk menilai apakah fungsi kandung kemih seseorang normal atau tidak. Ketika hasil tes uroflowmetri tersedia, ada baiknya menilai apakah fungsi kandung kemih dan sfingter normal atau tidak. Hasil ini juga dapat membantu menentukan apakah aliran urin normal terhambat.

Saat seseorang menjalani pemeriksaan uroflowmetri, dia buang air kecil melalui corong khusus. Corong tersebut dihubungkan ke alat yang mengukur jumlah urine, kecepatan aliran urine dalam hitungan detik, dan waktu yang dibutuhkan urine untuk tetap berada di kandung kemih. Pada orang yang buang air kecil secara normal, aliran urin dimulai dengan lambat, kemudian meningkat dari awal, dan kemudian melambat lagi. Tujuan pemeriksaan ini adalah untuk mencatat setiap penyimpangan dari batas normal tersebut sehingga dapat membantu dokter mendiagnosa kelainan pada aliran urin. Ini bisa menjadi acuan bagi masyarakat yang akan menjalaninya apakah akan berobat atau tidak.

Seseorang yang direkomendasikan atau dianjurkan untuk dilakukan pemeriksaan uroflowmetri adalah seseorang yang memiliki masalah berkemih seperti:
Kesulitan memulai atau mempertahankan aliran urin yang stabil.
Urin keluar dari tubuh dengan sangat lambat, jadi ini bisa menjadi gejala penyumbatan kandung kemih.
Kencing terlalu sering dalam sehari.
Kesulitan atau ketidakmampuan untuk buang air kecil karena pembengkakan atau alasan lain.
Inkontinensia urin atau ketidakmampuan untuk menahan urin.

Hal-hal tersebut dapat menjadi gejala penyakit yang biasanya menyerang sistem saluran kemih, yaitu:
kanker prostat Kanker yang menyerang prostat, yaitu sistem reproduksi pria.
sembelit kencing Saluran kemih tersumbat, sehingga aliran urin melambat, sehingga tidak keluar sepenuhnya.
Infeksi saluran kemih ISK biasanya menyerang ginjal, kandung kemih, uretra, dan ureter.
Disfungsi kandung kemih neurogenik. Ini ditandai dengan ketidakmampuan seseorang untuk mengontrol kandung kemihnya.

Kapan tes uroflowmetri harus dilakukan?

Seseorang harus melakukan uroflowmetri jika mengalami atau merasakan sesuatu yang aneh saat buang air kecil. Misalnya, aliran urin berkurang atau Anda merasa sakit saat buang air kecil. Seseorang tidak boleh berpuasa atau mengatur pola makannya sebelum mengikuti tes ini. Dokter atau perawat Anda mungkin meminta Anda untuk sementara berhenti minum obat apa pun yang dapat memengaruhi hasil tes. Anda juga akan diminta untuk minum beberapa gelas air sebelum tes. Datang dan harapkan gelembung yang sedikit penuh. Jika Anda merasa tidak nyaman saat buang air kecil, beri tahu dokter karena hal ini akan memengaruhi hasil tes.

Setelah itu, Anda akan dibawa ke ruang pemeriksaan dan dokter akan meminta Anda buang air kecil ke dalam corong khusus yang terhubung dengan uroflowmeter elektronik. Alat ini mencatat hasil urine dan laju alirannya dalam bentuk grafik. Usahakan selalu untuk tetap normal saat buang air kecil. Anda mungkin diminta untuk mengikuti tes pada hari-hari berturut-turut. Biasanya, tidak diperlukan perawatan khusus setelah pemeriksaan uroflowmetri. Anda dapat segera melanjutkan aktivitas sehari-hari dan pihak rumah sakit kemudian akan memberikan hasil tes dan merekomendasikan perawatan jika terjadi sesuatu.

 

ditinjau oleh : dr Ilhandi Oetama, Sp.U

Related Articles


bocoran admin jarwo slot online rajaslot