April 17, 2020
loading

TIPS SUKSES WORK FROM HOME

Posted by    Marketing Kesehatan

Bekerja di rumah atau belakangan ini sering disebut dengan work from home (WFH) memang sedang gencar diterapkan oleh berbagai perusahaan di seluruh dunia bahkan di Indonesia. Himbauan untuk “di rumah aja dulu” menjadi hal yang sedang kita lakukan bersama demi mencegah semakin menyebarnya COVID-19 belakangan ini. 

Meskipun pada awalnya kita bersemangat untuk work from home, karena beranggapan bahwa bisa bekerja sambil mengerjakan pekerjaan rumah atau paling tidak sembari mengawasi anak-anak, kenyataannya tak semudah itu. Banyak sekali tantangan work from home yang nyatanya justru mengganggu produktivitas kita dalam menyelesaikan pekerjaan kantor. 

Tantangan paling nyata yang sering dialami dari work from home adalah tergiur untuk bermain bersama anak, atau sekedar menonton film bersama keluarga di rumah. Akibatnya, pekerjaan yang menunggu untuk diselesaikan tidak bisa selesai tepat waktu. Belum lagi, jika kita harus menyelesaikan pekerjaan rumah lain seperti memasak atau bersih-bersih rumah. Sudah pasti, pekerjaan akan molor.

Nah, agar work from home tetap berjalan dengan baik dan kita tetap produktif dalam bekerja, yuk terapkan beberapa taktik work from home yang sudah kami rangkum untuk Anda berikut ini!

  • Siapkan Area Khusus untuk Bekerja

Tidak! Anda tak akan bisa bekerja di ruang tamu tanpa meja kerja dan dipenuhi bantal-bantal sofa yang empuk. Work from home berarti membuat satu area khusus untuk bekerja dan sebaiknya jauh dari area-area yang membuat kita tergiur untuk bersantai. 

Sebaiknya, gunakan satu area atau ruangan khusus yang memang biasa digunakan untuk bekerja. Tentunya dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang menunjang pekerjaan Anda. Misalnya, stop kontak dan berbagai alat tulis dan tentunya laptop atau PC untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan.

  • Siapkan Teknologi yang Memadai

Teknologi yang memadai merupakan poin penting dalam work from home. Untuk itu, siapkan koneksi internet yang stabil, PC atau laptop dan smartphone untuk tetap terhubung dengan tim Anda. 

  • Buat Daftar Pekerjaan 

Membuat daftar pekerjaan atau to do list bisa sangat membantu kita saat menjalani work from home. Sebaiknya, buatlah daftar pekerjaan setiap hari yang harus kita selesaikan beserta target-target harian dan mingguan. Dengan begitu, kita tetap bisa bekerja dengan produktif meskipun pekerjaan dilakukan di rumah atau work from home

  • Gunakan Aplikasi untuk tetap Terhubung dengan Tim 

Tidak perlu khawatir tak bisa melakukan diskusi tim atau meeting setiap hari, karena sekarang ini banyak sekali aplikasi yang bisa kita gunakan untuk tetap terhubung dengan tim kerja. Sebut saja, aplikasi Zoom, Google HangoutSkype, Whatsapp, Facetime dan lain sebagainya. 

  • Fokus saat Bekerja

Hal yang terpenting saat menjalani work from home adalah tetap fokus dalam bekerja. Tentu saja hal ini memang tidak mudah karena kita sedang berada di lingkungan rumah dan banyak sekali gangguan-gangguan kecil saat bekerja di rumah. Namun, jika kita bisa fokus dalam bekerja dan menggunakan berbagai taktik dalam work from home, maka bekerja di rumah tetap bisa dilakukan secara produktif.

 

Sumber : Schoolofparenting.com

Related Articles