October 7, 2022
loading

Ketahui Bagaimana Cara Menghilangkan Efek Gas Air Mata?

Posted by    Redaksi Kesehatan

Cara Menghilangkan Efek Gas Air Mata

Bilas Mata

Jika Anda terkontak dengan gas air mata, segera hindari area yang terpapar oleh gas tersebut. Bilas mata atau organ yang terkena dengan air bersih yang mengalir, sedikitnya selama 10 menit. Bila memungkinkan, akan lebih baik jika Anda membilas area yang terkontak gas airmata menggunakan air garam steril (cairan infus). Jangan lupa, lepaskan pakaian, topi, lensa kontak, dan benda-benda lain yang melekat di tubuh setelah terkontak dengan gas air mata.

Apabila gejala masih menetap bahkan memberat disertai dengan gangguan penglihatan menetap, segeralah berkonsultasi kepada dokter

Hindari Menggosok Mata

Perlu diingat, hindari menggosok mata atau wajah saat terkena gas air mata. Pasalnya, aktivitas ini bisa mengaktifkan kristal gas air mata. Maka itu, cukup bilas dengan air bersih dan jangan menggosok di seluruh bagian tubuh.

Jangan Mandi Berendam

Cara mengatasi efek gas air mata berikutnya adalah menghindari aktivitas mandi berendam. Pasalnya, berendam dapat membuat bahan kimia dari gas air mata bisa ikut terendam. Jadi, pastikan untuk langsung membersihkan badan dengan air tanpa harus berendam.

Ganti Pakaian yang Terkontaminasi

Pakaian yang terkena gas air mata harus segera dilepas dan diganti. Pisahkan pakaian yang terkena gas air mata saat mencucinya. Jika kontaminasi gas cukup parah dan sulit dihilangkan, masukkan pakaian tersebut ke dalam plastik, kemudian buang ke tempat pembuangan sampah B3 (bahan berbahaya dan beracun).

Related Articles